Tiga Pelajar Curanmor, KPPAD Ajukan Diversi

Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Edy Supandi.

Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Edy Supandi.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang ditangkap oleh Polisi Sektor (Polsek) Tanjungpinang Kota beberapa waktu lalu akan mendapatkan diversi.

Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Edy Supandi mengatakan, saat ini pihak Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kepri baru mengajukan diversi tersebut.

“Baru diajukan, prosesnya seperti apa nanti akan kita lihat. Bisa diterima, ataupun ditolak,” jelas Edy.

Diversi merupakan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses diluar peradilan pidana sebagaimana disebut dalam Pasal 1 angka 7 undang-undang nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA).

“Tergantung korbannya. Kalau korban mau menerima, maka akan dikabulkan,” ungkap Kapolsek Tanjungpinang Kota ini, Rabu (8/2).

Ditempat terpisah, Ketua KPPAD Kepri M Faizal membenarkan upaya diversi tersebut.

“Iya betul, kita akan memberikan pendampingan kepada para pelaku tersebut untuk dilakukan upaya penyelesaian kasus tersebut,” kata dia.

Atas kejadian tersebut, Faizal lagi-lagi memberikan ultimatum kepada para orang tua.

Ketua KPPAD Kepri, M. Faizal.

Ketua KPPAD Kepri, M. Faizal.

Ia menilai persoalan yang terjadi ditengah masyarakat yang melibatkan anak sebagai pelaku maupun korban merupakan kelalaian orang tua.

“Orang tua jangan sampai berurusan dengan hukum karena dianggap lalai dalam mengurusi anak-anaknya. Jangan memberikan sesuatu dengan seenaknya kepada anak, dan orang tua harus berfikir dampak negatifnya,” tegasnya.

(Suaib)

Sumber :http://lintaskepri.com/tiga-pelajar-curanmor-kppad-ajukan-diversi.html

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply