Penguatan Kelembagaan KPPAD Kabupaten Anambas

Tanjungpinang – Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Kepulaua Riau kembali memberikan penguatan kelembagaan dancapacity building kepada komisioner KPPAD Kabupaten Anambas. Selasa (11/4) di kantor KPPAD Kepri di Tanjungpinang. Hal tersebut dilakukan melihat banyaknya tantangan dan hambatan yang dialami kelembagaan KPPAD Kab Anambas dan para komisionernya dalam bekerja menjalankan tupoksi KPPAD memberikan pengawasan dan perlindungan anak di Kab Anambas sejak terbentuk tahun 2014 lalu hingga saat ini. Diantara hambatan dan tantangan yang dialami tersebut antara lain minimnya dukungan anggaran dan fasilitas dari pemerintah Kab Anambas, rendahnya pemahaman Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat dalam perlindunganan anak. Akibatnya penyelengaraan perlindungan anak tidak berjalam maksimal.

Minimnya anggaran KPPAD Anambas yang diberikan oleh pemkab Anambas menyebabkan komisioner tidak bisa membuat program dan kegiatan untuk pengawasan dan perlindungan anak. Anggaran hibah yang diberikan Pemkab setiap tahun hanya cukup untuk belanja rutin KPPAD.Anambas seperti sewa kantor dan honor komisioner.

Sementara tantangan yang dialami oleh KPPAD Anambas antara lain penyebaran penduduk Anambas yang tersebar di pulau pulau yang sulit dijangkau dan terkendala musim, cuaca dan butuh biaya yang tinggi. “Hal ini harus jadi perhatian Pemkab Anambas sehingga dalam penganggaran harus responsif anak untuk mewujudkan anak anak Ananbas yang terpenuhi hak haknya dan terlindungi,” ujar M Faizal, SH., MM, Ketua KPPAD Kepri kepada komisioner KPPAD Anambas.
Penguatan kelembagaan ini juga diberikan oleh Wakil Ketua KPPPAD Kepri Eri Syahrial, komisioner Titi Sulastri, Mahmud Saltut, dan Marlia Sari Dewi.
Sementara Komisioner KPPAD Anambas yang mendapat penguatan dan capacity building antara lain Hendriko Hurapea (ketua) dan para komisioner Marzuki, Arman, Rusli dan Benmar. KPPAD Anambas Rabu.pagi juga melakukan kunjungan dan menjajaki kerjasama dengan beberapa lembaga di Bintan dan Tanjungpinang seperti Panti Asuhan dan LKSA sebagai rujukan anak bermasalah di kab Anambas.

Sudut Kiri Ketua KPPAd Kepri Muhammad Faizal, SH., MM sedang memberi pemaparan pada peserta acara.

No comments yet.

Leave a Reply